Otomotifku.id – Jok paten mobil bahan Cherokee kini menjadi pilihan banyak orang di wilayah Tangerang. Jok merupakan salah  satu komponen yang sangat penting di dalam kabin mobil. 

Jok sendiri menjadi aksesoris mobil yang bisa menambah kenyamanan dalam berkendara. Apabila ingin merubah tampilan dalam kabin menjadi istimewa dengan tampilan mewah, solusinya adalah dengan memodifikasi menggunakan jok paten mobil.

Pilihan Modifikasi Jok Paten Mobil dan Semi Paten

Jok mobil sebenarnya terdiri dari beberapa jenis. Namun, yang umum dikenal adalah jok paten dan semi paten.

Dari kedua jenis tersebut, tentu memiliki perbedaan dan fungsinya masing-masing. Berikut penjelasan mengenai jok paten dan semi paten:

1. Jok Mobil Paten

Jok mobil yang akan dimodifikasi dengan jenis paten adalah dengan membongkar kulit jok secara keseluruhan, kemudian digantikan menggunakan jok sesuai yang Anda inginkan.

Sistem penggantian jok dengan konsep paten ini juga akan mengganti busa yang telah melempem maupun berkurang, sebelum dipasang kembali jok yang permanen. Biasanya akan ada penambahan busa di beberapa area yang dibutuhkan.

Hal tersebut dilakukan agar tampilan jok menjadi lebih rapi. Selain itu, apabila full busa akan tampak seperti baru dan tampak mewah, jika bisa memadupadankan antara warna dan bahan yang sesuai dengan konsep mobil.

Sebenarnya, cara memodifikasi jok dengan cara ini yang paling baik jika dibandingkan dengan semi permanen. Akan tetapi, semuanya kembali ke masing-masing pemilik kendaraan.

2. Jok Mobil Semi Permanen

Memodifikasi jok dengan konsep semi permanen ini memang lebih simple, karena tidak perlu melakukan pembongkaran secara keseluruhan, namun tentu juga hasilnya tidak bisa maksimal.

Kulit jok tidak dibongkar, tetapi langsung ditambahkan material baru di atasnya. Jadi, jok bawaannya masih menempel, hanya saja ditumpuk dengan jok yang baru.

Sistem pemasangan seperti itu, tentu akan membuat tampilan kurang rapi dan tidak presisi. Jahitan akan lebih kurang bisa merekat sempurna dan kemungkinan bergesernya sangat besar.

Bisanya, jok yang hanya ditumpuk tidak dapat menempel sepenuhnya pada jok bawaan dari kendaraan. Hal itu dapat dirasakan saat duduk di atas jok.

Kenyamanan dalam perjalanan dan berkendara pun terasa tidak maksimal karena jok tidak bisa menempel 100%.

Beberapa pemilik kendaraan memiliki memodifikasi dengan sistem semi permanen karena sayang untuk membuang material jok originalnya. Biasanya juga dilakukan oleh pemilik yang ingin menjual mobilnya sehingga mempertahankan keoriginalitasan material dalam kabin.

Memang harga mobil akan bertambah apabila masih menggunakan komponen original bawaan pabrik, termasuk joknya. Tentu saja, mengganti material jok harus dilakukan dengan penuh perencanaan karena untuk mengganti jok tidaklah murah.

Video Jok Mobil Bahan Cherokee

YouTube video

Keistimewaan Jok Paten Mobil Bahan Cherokee 

Cherokee sudah dikenal sebagai salah satu jenis jok mobil paten murah yang berkualitas baik. Jenis Cherokee berhasil menggantikan bahan bermerk Ferrari, sebagai jok yang banyak digunakan zaman dulu.

Cherokee adalah material yang dibuat oleh salah satu produk jok ternama di Indonesia. Produsen tersebut juga membuat material jok mobil segmen atas layaknya Chronos dan Mustang.

Cherokee menjadi salah satu bahan yang sangat terkenal di kalangan bahan jok di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan teksturnya lebih tipis dari pada bahan mbtech tapi kualitasnya lebih baik.

Sebagai bahan jok paten, bahan cherokee memiliki ketahanan yang kuat dan memiliki banyak keistimewaan lainnya seperti:

Untuk wilayah Jakarta harga material cherokee lebih murah

Terdapat banyak pilihan warna yang sporty

Bisa digunakan untuk bahan material jok paten maupun semi paten

 

Bahan Jok Mobil yang Bagus dan Banyak Dicari

Demi tampilan kabin yang menawan, memodifikasi jok mobil menjadi lebih baik merupakan keharusan. Apalagi kalau jok mobil Anda sudah tampak usang dan keropos. 

Pertimbangkan untuk memilih kualitas dan harga jok paten mobil untuk hasil yang terbaik. Beberapa bahan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bahan Polyester

Jenis jok mobil berbahan polyester harganya paling murah dibandingkan dengan jenis material lainnya. Kalau dilihat dari segi tampilannya, mirip dengan jok kulit sintetis.

Bedanya, bahan polyester memang lebih murah dan ada beberapa kekurangan yang bisa secara langsung dirasakan pemilik kendaraan. Salah satunya adalah cepat meresap air.

Tentu saja hal itu akan agak merepotkan karena kotoran berupa cairan akan mudah terserap dan memunculkan bekas yang sulit dihilangkan. Sehingga, perawatan untuk membersihkannya akan lebih rumit dan membutuhkan perhatian tersendiri.

2. Bahan Nylon

Material nylon sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bahan polyester. Keduanya sama-sama punya sifat mudah menyerap air.

Apabila ada debu maupun kotoran lainnya yang mengendap maka akan membuat bekas noda pada jok mobil. Menghilangkannya pun membutuhkan tenaga ekstra maupun biaya yang tidak murah.

Alternatif untuk membersihkan kotoran yang terendap di jok mobil, bisa dengan menggunakan microfiber. Lap microfiber ini bisa menyerap air maupun kotoran yang menempel pada jok mobil.

3. Bahan Kulit Sintetis

Salah satu jenis bahan yang bisa digunakan untuk material jok mobil paten toyota rush, salah satunya adalah kulit sintetis. Banyak pemilik mobil memilih jenis ini karena tampilannya menyerupai kulit asli.

Bagi orang awam, akan mengira kalau materialnya menggunakan bahan kulit asli, padahal nyatanya memakai bahan sintetis.

Cover jok jenis ini terbilang mudah dalam hal perawatan. Air yang tumpah di jok mobil tidak mudah terserap, sehingga  memudahkan pembersihan.

Selain itu, harganya juga terjangkau apabila dibandingkan dengan cover berbahan kulit asli. Jadi, tidak heran jika banyak orang memilih cover berjenis sintesis untuk memperindah interior mobil.

4. Bahan Kulit Asli

Bagi Anda yang memiliki uang lebih dan ingin melakukan perubahan dalam kabin mobil, bisa memilih material jok dengan bahan kulit asli.

Tampilan dalam kabin akan semakin lebih elegan dan berkelas, karena jok berbahan kulit asli tidak mudah mengelupas dan punya daya tahan lebih kuat.

Apalagi, penggunaan jok berbahan kulit asli ini juga sangat mudah dirawat. Daya tahannya terhadap air sangat tinggi jadi mudah dibersihkan hanya dengan sekali lap.

Namun, bahan kulit asli juga memiliki kekurangan karena tidak tahan terhadap debu dan kotoran. Sehingga, Anda harus melakukan perawatan ekstra agar terhindar dari kotoran maupun debu.

 

Memilih Jok Mobil dari Segi Kesehatan

Memilih jok mobil seharusnya tidak hanya dilihat dari segi keindahannya saja. Bahan yang digunakan untuk memperindah kabin, juga harus aman bagi kesehatan.

Hindari penggunaan material jok yang mengandung bahan kimia dengan kadar besar. Jika punya budget yang lebih, akan lebih baik jika memilih bahan dari kulit asli karena aman bagi kesehatan.

Pasalnya, bahan sintetis memang mengandung banyak zat yang berbahaya bagi kesehatan karena ada kandungan PVC dan kadar timbalnya berlebih.

Sering kali, aroma dari bahan kimia pada material sintesis akan menguap sehingga membuat dada sesak. Bagi beberapa orang memang akan merasa gatal-gatal karena kulitnya sensitif.

Tapi, tidak berarti semuanya demikian. Beberapa bahan jok mobil material sintesis sudah dimodifikasi, sehingga aman bagi kesehatan.

 

Memilih Model Jok Mobil untuk Kenyamanan Berkendara

Setelah memilih bahan sesuai selera dan yang aman bagi kesehatan, model jok juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. Hal ini sangat berpengaruh dari segi keamanan berkendara.

Pemilihan model jok mobil biasanya terdiri dari warna, motif dan jenis jahitannya. Tentu saja semuanya harus disesuaikan dengan warna dasar kabin, agar tampilan interior mobil jadi lebih menawan.

 

Cara Bedakan Bahan Kulit Jok Mobil Asli

Salah satu yang menjadi kenyamanan saat mengendarai mobil, terletak pada joknya. Beberapa pemilik kendaraan mengubah standar bawaan jok sesuai dengan selera masing-masing.

Salah satu bahan jok mobil paten mbtech adalah salah satu yang digemari. Namun, material kulit asli masih tetap yang paling diminati. 

Menggunakan bahan material jok dari kulit asli memang mampu membuat tampilan kabin jadi lebih mewah dan istimewa. Selain itu, juga menambah kenyamanan selama berada di dalam mobil.

Tetapi, semakin banyaknya produk pelapis jok mobil yang ada di pasaran, membuat orang awam sulit membedakan mana kulit asli dan bukan. Secara kasat mata, memang terlihat sama tanpa ada beda, antara kulit sintetis maupun asli.

Cara membedakan agar tahu bahan kulit asli atau bukan yang terpasang pada jok mobil adalah dengan menggunakan puntung rokok. Coba untuk cucukkan puntung rokok pada salah satu bagian jok yang tidak terlihat.

Apabila jok tersebut terbakar ataupun bolong, sudah bisa dipastikan bahwa jok mobil paten sienta tersebut menggunakan bahan sintetis. Kulit asli dengan kualitas paling rendah sekalipun, tidak akan mungkin terbakar apalagi membuat material tersebut menjadi bolong.

Kulit sintetis menggunakan bahan plastik PVC sehingga membuatnya mudah terbakar jika terkena api. Selain itu, cara membedakan bahan jok menggunakan kulit asli atau bukan, juga bisa diketahui dari sentuhan.

Bahan kulit sintetis akan terasa lebih lembut dan lengket. Sedangkan material jok dengan kulit asli, teksturnya lebih kasar tapi nyaman.

Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tidak masalah menggunakan bahan kulit asli maupun sintesis, semua tergantung dari pemilik kendaraan dan juga disesuaikan dengan budget karena harga jok paten mobil dari kulit asli memang mahal.

 

Cara Efektif Bersihkan Jok Mobil dengan Tissue Basah

Ada kalanya, tanpa disadari, jok mobil Anda tampak kotor setelah beberapa kali diajak melakukan perjalanan jauh. Mungkin karena cipratan air maupun kotoran lainnya. 

Agar jok bisa kembali menjadi mengkilap dan bersih, Anda bisa menggunakan tissue basah untuk pertolongan pertama. Terlebih jika kotoran menempel pada jok terlihat dengan jelas.

Lap bagian yang terlihat kotor menggunakan tissue basah secara perlahan beberapa kali. Setelahnya, lap dengan tissue kering agar lembab dari tisu basah bisa segera hilang.

 

Perawatan Jok Mobil dengan Sabun Cuci Piring

Mengingat biaya ganti jok mobil paten terbilang sangat mahal, ada baiknya Anda melakukan perawatan rutin agar jok kendaraan jadi lebih awet.  Selain itu, perawatan yang rutin akan membuat jok mobil terhindar dari masalah jamur.

Lakukan perawatan jok mobil dengan menggunakan sabun cuci piring yang dicampur dengan air hangat dan soda. Ketiga bahan tersebut sangat ampuh membersihkan kotoran membandel yang ada pada jok.

Aplikasikan ketiga bahan tersebut ke jok dengan menggunakan kuas kecil secara merata bahkan ke sela-sela bagian jok. Kemudian diamkan beberapa menit.

Lap menggunakan kain kering hingga bersih agar justru tidak menimbulkan kelembaban. Cara ini bisa digunakan untuk bahan cover polyester, nilon dan beberapa material lainnya.

Lakukan perawatan seperti yang sudah disebutkan tadi setidaknya dua minggu sekali agar kotoran tidak terlanjur melekat erat pada bahan jok kulit paten mobil.

 

Formula Khusus untuk Hilangkan Noda Membandel pada Jok Mobil

Apabila kotoran pada jok mobil Anda sudah menahun dan sulit dibersihkan, memang perlu formula khusus untuk mengusir noda membandel tersebut. Satu-satunya jalan dengan menggunakan formula khusus berupa krim.

Kotoran maupun jamur yang sudah melekat pada jok bisa dibasmi melalui formula khusus ini. Pasalnya, bahan ini juga biasa digunakan membersihkan tas kulit maupun sepatu kulit, bahkan tanpa meninggalkan bintik-bintik bekas cairan.

Setelah diaplikasikan pada jok mobil, bersihkan dengan lap microfiber untuk hasil bersih maksimal. Tentu saja Anda ingin kendaraan jadi lebih bersih, bukan? 

Melakukan perawatan teratur pada ruang kabin, salah satunya jok, harus rutin dilakukan, supaya kendaraan Anda tidak hanya menarik dari luar tapi juga kinclong di dalam.

 

Kebiasaan Buruk yang Mempercepat Jok Mobil Rusak

Tanpa disadari, ada beberapa hal yang membuat jok mobil jadi lebih cepat rusak, apalagi yang menggunakan bahan cherokee. Berikut perilaku yang ternyata mempercepat jok mobil jadi rusak:

1. Noda Makanan dan Minuman

Seringkali kita tidak peduli dengan kebersihan kabin saat melakukan perjalanan. Mengkonsumsi makanan dan minuman sesuka hati dan kemungkinan besar cipratannya mengenai jok mobil.

Apalagi kalau makanan yang mengandung soda dan santan, akan membuat bahan jok jadi cepat rusak. Mungkin bagi sebagian orang, hal tersebut sudah biasa, namun ternyata efeknya cukup buruk untuk ketahanan jok.

2. Kering Karena Terjemur

Kebiasaan menjemur mobil dibawah terik matahari, ternyata dampaknya juga sangat buruk bagi kondisi jok mobil paten Tangerang. Jok akan lebih mudah mengelupas karena kering dijemur di siang hari yang panas.

Apabila memang terpaksa tidak ada tempat parkir lain dan harus dilakukan setiap hari. Ada baiknya mengelap jok menggunakan cairan khusus.

Anda juga bisa memakai hand body dengan kadar kimia kecil agar tidak merusak materialnya. Sama halnya dengan kulit tubuh, kalau sering berada di bawah sinar matahari, bisa membuatnya kering dan mengelupas.

3. Barang Tajam di Jok

Kebiasaan lain yang tanpa disadari bisa membuat jok mobil jadi mudah rusak adalah membawa barang dengan sudut yang tajam. Contohnya perkakas rumah maupun barang-barang belanjaan.

Memang sepertinya terlihat remeh, namun jika sering dilakukan maka permukaan jok akan mudah rusak. Sangat disarankan untuk meletakkan benda-benda berujung tajam di jok saja. 

Namun apabila harus terpaksa diletakkan di atas jok, ada baiknya jika dilapisi menggunakan kain atau bahan lembut lainnya agar tidak mudah tergores.

4. Tergesek Celana

Jika sedang melakukan perjalanan jauh, maka durasi duduk di atas jok juga lebih lama, sehingga gesekan yang terjadi antara bahan celana dan material jok bisa membuatnya cepat rusak. Terlebih bahan jeans akan sangat berpengaruh pada cepat tidaknya kerusakan pada jok mobil.

Memilih jok mobil paten bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi karena menyangkut keamanan dan kenyamanan berkendara.

Perlu dipertimbangkan dari beberapa aspek yang sudah disebutkan di atas, agar kenyamanan berkendara semakin maksimal dan budget yang dikeluarkan tidak sia-sia, mengingat harga modifikasi jok mobil cukup menguras kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *